Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fadli Zon Marah Besar ABK WNI Diperlakukan Kejam, ‘Kita Bukan Budak Cina!’

Fadli Zon Marah Besar ABK WNI Diperlakukan Kejam, ‘Kita Bukan Budak Cina!’
[BERITA ISLAM] Politikus Gerindra H. Fadli Zon meminta pemerintah untuk melakukan investigasi atas berita di media Korea Selatan MBC News terkait pembuangan jenazah ABK WNI yang diperlakukan tidak manusiawi oleh ABK asal Cina.

“Ini harus diusut dan diinvestigasi. Kalau benar berita MBC maka negara harus menuntut pihak Cina,” kata Fadli Zon di laman resminya, Kamis(7/5).

Selain praktik perbudakan, apa yang dilakukan atas ABK asal Indonesia merupakan pelanggan HAM dan penghinaan atas Indonesia.

“Selain praktik perbudakan, apa yg dilakukan thd ABK Indonesia jelas pelanggaran HAM n penghinaan thd rakyat Indonesia. Kita bukan budak China! @Menlu_RI @KemnakerRI @jokowi,” kecamnya.

Cuitan itu ditembuskan anggota DPR ini ke kementerian luar negeri dan kementerian tenaga kerja.

Viral diberitakan, media asal Korea Selatan, MBC News, merilis dugaan perbudakan manusia yang dilakukan diatas kapal milik Cina. Selain itu, dalam video yang ditampilkan, juga terlihat dugaan Anak Buah Kapal (ABK) Cina tersebut melakukan pelanggaran HAM kepada ABK asal Indonesia.

Dalam video berdurasi kurang lebih 4 menit, terlihat ABK asal Cina dan pihak prinsipal kapal memperlakukan ABK asal Indonesia dengan sangat buruk. Hal itu disampaikan langsung oleh salah satu ABK WNI yang tidak disebutkan nama dan wajahnya dikaburkan.

“Awalnya keram trus tiba-tiba kakinya bengkak trus dari kaki langsung nyerang badan. Habis ke badan langsung sesak napas,” kata dia.

Menurut salah satu pengakuan WNI ABK di kapal itu, pihak perusahaan membedakan antara ABK Cina dan Indonesia. ABK asal Cina diperlakukan baik, namun ABK asal Indonesia bahkan tidak diberikan air putih untuk minum. Mereka hanya minum air laut yang sudah disaring.

“Pusing karena emang gak dikasih minum air putih. Pernah juga sampai kayak ada dahak di tenggorokan,” ucap WNI ABK lainnya

“Waktu kerjanya itu berdiri sekitar 30 jam dan setiap 6 jam makan. nah jam makan inilah yang dimanfaatkan kami hanya untuk duduk,” ucap lainnya.

Bahkan, dalam video tersebut juga ditunjukkan mereka membuang mayat yang dibungkus dengan plastik jenazah. Mayat tersebut diduga adalah salah satu ABK asal Indonesia. Mayat tersebut dibuang ke laut di sekitar perairan Korea Selatan.

sumber: indonesia inside

Posting Komentar untuk "Fadli Zon Marah Besar ABK WNI Diperlakukan Kejam, ‘Kita Bukan Budak Cina!’"